: Bahaya yang Mengintip di Balik Dusta

Oleh HM Baharun
Bohong atau dusta adalah perbuatan nista. Tapi, mengapa orang masih banyak melakukannya? Di mana-mana, kita menyaksikan orang berdusta: di pasar, kantor, kampus, bahkan di tempat ibadah pun ada yang berani berdusta untuk menutupi perbuatan tercela. Kebohongan seakan menjadi perisai pembelaan diri. Terkadang, seorang tokoh panutan, juga tak luput melakukan kebohongan.

Di perusahaan, pemerintahan, dewan, dan di pengadilan, masih ada yang bangga dengan kebohongan. Padahal, tali kebohongan itu pendek. Dalam sebuah kata bijak, "semua tali itu panjang, kecuali tali kebohongan."

Jika kita sudah menyadarinya, mengapa kita masih suka berdusta? Allah telah mengancam pendusta atau pembohong itu dengan kutukan. "La'natullah 'alal Kadzibin" (Laknat Allah atas para pendusta).

Orang yang suka berdusta itu sesungguhnya mendapatkan dua kali kerugian. Pertama, jika kebohongannya tidak diketahui, dia akan mendapatkan dosa dari perbuatan tercela ini.

Kedua, jika bohongnya diketahui orang lain, mereka akan kehilangan kepercayaan. Bahkan, kepadanya akan disematkan predikat pendusta atau pembohong. Akibatnya, hubungan dirinya dengan sesama manusia (hablum minannas) akan terhambat. Orang akan menjauhi dan tidak bersimpati lagi padanya.

Ketika didatangi seseorang yang mohon nasihat kepada Rasulullah SAW, beliau hanya berkata singkat: "Jangan berdusta". Kalimat singkat, namun bersahaja, dan memiliki implikasi manfaat yang sangat besar.

Orang yang berkata-kata jujur (benar) dan tidak suka berbohong, secara psikologis tidak punya beban berat dalam hidupnya. Karenanya, hatinya senantiasa merasa tenteram dan damai.

Sebaliknya, orang yang biasa berdusta, hidupnya menjadi tidak tenang dan dunia terasa sempit. Ia akan senantiasa merasa dihantui oleh perasaannya sendiri, lantaran khawatir kebohongannya diketahui orang lain.

Dalam Alquran, terdapat 30 ayat yang menyangkut kebohongan ini. "Sesungguhnya orang yang berbohong itu, mereka yang tidak beriman dengan ayat-ayat Allah." (QS 16:105). "Pendusta tidak beruntung." (QS 16: 116). "Yang menyiarkan berita bohong akan mendapat azab yang besar." (QS 24:11). "Menyembah selain Allah adalah jalan dusta." (QS 37:86). Wallahua'lam.




0 comments

Contact

cp: Lilik Faizah
Phone: (+62)81245824196
mail: faizahpro@gmail.com
Alamat :
Jalan Simping 46, Blurukidul
Sidoarjo, Jawa-Timur, Indonesia 61233
SYIAR Travel :
Layanan Amanah untuk HAJI dan Umrah
Jl. Simping 46, Sidoarjo
Melayani dengan sepenuh hati untuk mengantar anda Mendapatkan manfaat maksimal dari Tanah Suci