Arofah

Pada umumnya orang yang mendengar Afarah atau padang Arafah, bayangan yang timbul kemudian adalah sebuah tempat, atau semacam padang pasir, gurun  yang kering dan tandus. Di sanalah jama'ah haji akan melakukan wukuf, merenungkan diri, mengintrospeksi diri akan perbuatan yang pernah dilakukannya seraya memohon ampunan kepada Allah SWT. Mereka tidak ada apa-apanya dihadapan Allah, semua kecil, lemah, dan tidak berdaya, hanya Allah yang maha agung, maha kuasa. Bahkan diisyaratkan bahwa padang mahsyar nanti seprti padang Arafah di dunia, tempat dimana manusia akan menerima seluruh amal perbuatannya. Apakah catatan perbuatan baiknya yang lebih banyak atau sebaliknya perbiatan buruknya yang malah lebih banyak, di sana mereka akan menerima kitab, seluruh catatan perbuatannya selama di bumi. Seluruh perbuatannya akan di timbang, akan masuk surgea atau malah neraka arah dari hasil timbangan perbuatannya.

Dengan gambaran sementara itu, sehingga Arafah dibayangkan seperti padang pasir yang gersang dan tandus. Namun sebetulnya tidak demikian, mungkin itu pada masa lalu, Arafah sekarang telah menjadi hijau, di sana sini dinaungi dengan tanaman yang cukup rindang. Sehingga jama'ah tidak merasa terlalu kepanasan meskipun panas cukup terik. Konon pohon tersebut katanya ditanam atas usulan presiden Indonesia Soekarno. Sehingga pohon tersebut dikenal dengan sebutan pohon Soekarno, Karenanya hubungan Indonesia dengan Arab Saudi cukup baik, di samping hubungan ibadah haji dimana jama'ah dari Indonesia yang terbanyak disbanding dengan dari Negara lainnya.

Arafah  terletak di sebelah timur kota suci Makkah Al-Mukarromah, disinilah umatIslam menunaikan rukun wukuf sebagai salah satu rukun haji Tempat  peristiwa di mana Nabi Adam a.s. dan Hawa telah diturunkan ke bumi dari surga atas sebab mengingkari perintah Allah dan terpedaya oleh tipu daya Iblis, tepatnya di Jabar Rahmah, ditandai dengan tugu oleh pemerintah sebagai  pengenang tempat bertemunya nenek moyang manusia Nabi Adam dan Siti Hawa di muka bumi. Di sinilah bertahun-tahun mereka memohon ampun pada Allah, dan akhirnya permohonan mereka diterima. Mr-feb2008




0 comments

Contact

cp: Lilik Faizah
Phone: (+62)81245824196
mail: faizahpro@gmail.com
Alamat :
Jalan Simping 46, Blurukidul
Sidoarjo, Jawa-Timur, Indonesia 61233
SYIAR Travel :
Layanan Amanah untuk HAJI dan Umrah
Jl. Simping 46, Sidoarjo
Melayani dengan sepenuh hati untuk mengantar anda Mendapatkan manfaat maksimal dari Tanah Suci