PROFIL INSAN MUTTAQIN

PROFIL INSAN MUTTAQIN

" Dan bersegeralah menuju ampunan Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, ( yaitu ) orang-orang yang menafkahkan (hartanya) di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema'afkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau Menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.mereka itu balasannya ialah ampunan dari Tuhan mereka dan surga yang di dalamnya mengalir sungai-sungai, sedang mereka kekal di dalamnya; dan Itulah Sebaik-baik pahala orang-orang yang beramal ". ( Ali Imron 133 – 136 )


ada pertanyaan dari beberapa kawn, sasaran puasa adalah membentuk manusia Bertaqwa, nah apa saja sih ciri2nya ??? mudh2an note ini sedikit bisa menggambarkan tetang Ciri orang yang Muttaqien yang telah lulus ramadhan dan kembali kepada fitrah adalah :

1. gemar bershadaqah saat lapang ataupun sempit Artinya orang bertaqwa memiliki kepedulian sosial yang sangat tinggi, dalam situasi dan kondisi apapun

" Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezki yang Kami anuge- rahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi" ( Fathir ; 29 )

2. mampu menahan marah, maknanya mereka memiliki pengendalian diri yang kuat. Ingatlah bahwa dengan marah tidak akan menyelesaikan masalah bahkan akan menambah masalah, marah itu pintu masuk syeithan yang terbuka lebar, marah itu api maka padamkanlah dengan air ( wudlu' )

3. mau memaafkan kesalahan ( lapang dada )

4. bila berbuat dosa selalu mengingat Allah dan memohon ampun dengan istighfar ( menyadari kekurangan dirinya )

" Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa bila mereka ditimpa was-was dari syaitan, mereka ingat kepada Allah, Maka ketika itu juga mereka melihat kesalahan-kesalahannya". ( Al 'raf 201 )

Ia sadar bahwa ia tidak bisa melawan bujuk rayu syeithan jika tanpa perlindungan dari Allah, karena itu ia selalu berdzikir (mengingat dan menyebut-Nya) dalam rangka memohon perlindungan Allah SWT.

5.dan tidak mengulangi perbuatan dosa ( taubatan Nasuuhaa ). Artinya orang bertaqwa itu bukannya tidak pernh berbuat salah, tapi ia mau belajar dari kesalahannya dengan bertobat dan memperbaiki diri, SEORANG MUKMIN TIDAK AKAN JATUH KEDALAM LUBANG YANG SAMA UNTUK KEDUA KALINYA...

Walloohu A'lam bisshowaab...

اللهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَاب

0 komentar:

Posting Komentar